Survei Indikator Publik Nasional: Prabowo-Gibran Unggul dalam Elektabilitas Pilpres 2024

Survei Indikator Publik Nasional: Prabowo-Gibran Unggul dalam Elektabilitas Pilpres 2024

December 23, 2023 0 By adminmn

Hasil survei terkini dari Indikator Publik Nasional telah merilis tingkat elektabilitas tiga pasangan calon dalam Pilpres 2024. Pasangan nomor urut 01 yang diusung oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendapatkan elektabilitas sebesar 22,7%. Sementara itu, pasangan nomor urut 02 yang terdiri dari Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming berhasil memimpin dengan perolehan suara mencapai 50,2%. Di sisi lain, pasangan nomor urut 03 yang diperkuat oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mendapatkan elektabilitas sebesar 23,1%.

Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 3 hingga 11 Desember 2023 dengan melibatkan 1.670 responden yang tersebar merata di 34 provinsi. Responden yang berpartisipasi dalam survei ini merupakan warga yang berusia 17 tahun ke atas atau mereka yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Metode sampling yang digunakan adalah multistage random sampling dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Indikator Publik Nasional mengklaim bahwa margin of error dari survei ini sebesar +- 2,4% dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Menurut peneliti senior Indikator Publik Nasional, Ike Sihotang, pasangan Prabowo-Gibran berhasil unggul dalam elektabilitas dengan angka 50,2%. Ike juga menyatakan keyakinannya bahwa kemungkinan besar pertarungan Pilpres ini hanya akan membutuhkan satu putaran saja.

“Dengan waktu kurang dari dua bulan, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran sudah mencapai 50,2%. Hampir dapat dipastikan bahwa menjelang hari pencoblosan, pasangan nomor urut 2 akan memperoleh lebih dari 50,0% suara sehingga mereka menjadi pemenang dalam satu putaran,” ujar Ike dalam paparannya melalui platform daring pada Sabtu (23/12/2023).

Ike juga menyoroti serangan narasi yang dialamatkan kepada pasangan nomor urut 02 terkait dukungan terhadap keberlanjutan program pemerintahan sebelumnya. Meski demikian, menurutnya, hal tersebut tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran.

“Terlebih lagi, pasangan nomor urut 1 berposisi sebagai oposisi dengan narasi perubahan, namun mungkin membingungkan publik karena partai yang mendukung mereka masih terkait dengan blok pemerintahan sebelumnya, yang juga terjadi pada pasangan nomor urut 3,” tambahnya.

Hasil lengkap elektabilitas paslon Pilpres 2024 menurut survei Indikator Publik Nasional adalah sebagai berikut:

Anies-Cak Imin 22,7%
Prabowo-Gibran 50,2%
Ganjar-Mahfud 23,1%
Tidak Tentu/Tidak Jawab 4%